Monday, May 24, 2010

cara membuat bumerang

-->
Naaah ini dia yang banyak ditanyakan oleh teman teman saya. Dan di blog ini saya akan menjelaskan cara membuat bumerang yang baik dan benar
Pertama tama siapkan dulu alat dan bahannya

Alat
1.Gergaji tripleks
2.Amplas
3. Kikir
4. Pensil
5.Masker
6.Kaca mata plastik
Bahan
1.Plywool/tripleks/multipleks dengan ketebalan 3mm atau 5mm
2.lem kayu
3.cat astro,cat kayu atau cat semprot
4.vernis kayu, atau bisa juga dengan clear semprot
5. Donat dan es teh. Hehehe


Oke langsung saja ya
1. Pertama siapkan dulu tpileksnya. Umumnya bumerang di luar negeri memakai “birch plywood” itu kayu kualitas tinggi yang sulit sekali didapat di bumi kita Indonesia tercinta jadi kita pakai saja tripleks meranti. Murah meriah dan mudah di dapat. Kalo pengen coba sih bisa pakai tripleks jati tapi harganya cukup mahal dan keras. Jadi sangat melelahkan bahkan hanya untuk membuat satu bumerang saja

 
-->
2. Setelah itu siapkan pola yang sudah diprint. Pola ini ditempel pada karton dan dipotong sesuai bentuknya dan digunakan untuk membuat pola di tpileks dengan pensil

ini dia polanya



-->
3. Lalu potong tripleks mengikuti pola dengan hati hati hingga di dapat hasil potongan seperti ini

-->
 
-->
4. Tahap berikutnya (tahap inilah yang paling penting) adalah membentuk airfoilnya. Tanpa airfoil. Bumerang tidak akan bisa terbang berputar dan kembali pada pelemparnya.ini adalah gambar sayap tampak samping sebelum diamplas atau dibentuk airfoilnya


-->
5.Trus di ampalas deh. Bagian yang di berwarna merah pada adalah yang diamplas atau di kikir. Gunakan masker dan kacamata saat mengikir dan mengamplas karena debunya cukup berbahaya bila masuk mata dan hidung


 
-->

 Ini dia hasil setelah dibentuk airfoil dengan kikir dan dihaluskan dengan amplas

 
-->
6.Dan inilah bentuk akhir bumerang setelah di cat dan di beri anti gores. Bumerang telah siap dipakai. Selamat bermain








6 comments:

  1. wah, patut dicoba nih, tp kira2 bisa jadi bagus g ya? o ya, salam kenal sob...

    ReplyDelete
  2. oke sip..silahkan dicoba bro..kalo gak berhasil,monggo konsultasi...kalo capek bikin,sya jd menyediakan bumerang yg ud jadi.murah meriah,dijamin halal dan tanpa bahan pengawet :)
    hehe
    salam knal jg
    trims ud mampir

    ReplyDelete
  3. yg diamplaz pola yg berwarna merah?

    ReplyDelete
  4. mahdy : iya betul mas..diampelas yang berwarna merah sampai terbentuk airfoilnya

    aji : silahkan cek di kalalog mas..

    ReplyDelete
  5. apa polanya itu udah terbukti berkesan mas?

    ReplyDelete

tinggalkan komentar anda di sini.trims